Keseruan Mengikuti Lomba Lari Maraton Pertama Kali

Ini adalah pengalaman pertama kali saya dalam mengikuti lomba lari. Rasanya sangat mendebarkan sekaligus super tertantang. Ada banyak sekali yang akan mengikuti lomba ini. Semuanya juga telah bersiap di belakang balon gate yang berfungsi sebagai penanda garis start kami memulai lari. 

Beberapa meter di depan juga sudah ada kelompok seni tari yang sedang memberi semangat para pelari di event akbar ini. Ini adalah event lari 10K yang saya ikuti. Mulai acara dimulai sejak jam 6 pagi sampai selesai. 

Sebelumnya saya telah melakukan pemanasan sederhana dan seadanya. Begitu pula dengan para peserta yang lain. Kemudian acara pun mulai berlangsung. Seluruh peserta lari mulai berhamburan lari. Namun di menit menit awal, baru mulai 100 m saya mulai terengah engah dan ngos-ngosan. Saya mulai kehilangan kepercayaan diri. Tapi saya belum putus semangat. Jadi pelan pelan saya tetap melanjutkan pertandingan. 

Serunya Lari Maraton

Pada beberapa km awal, saya berjuang menyelesaikan tiap tiap rute jalan yang saya tempuh. Saya sempat merasa kurang pemanasan yang berakibat pada saya mudah lelah meski baru berada di km km awal. Tapi pikiran negative itu perlahan mulai saya Kelola dan saya buang jauh jauh. Saya mulai fokus untuk berlari lagi dan mencapai garis finish. 

Saya mulai fokus pada diri saya sendiri. Hal terpenting adalah saya bisa nyaman saat berlari. Tapi ternyata menuju balon gate finish rasanya susah sekali. Saya kemudian mulai masuk ke kilometer kedua. Di sini saya mulai nyaman dengan ritme lari saya. Napas saya pun juga lebih stabil dari sebelumnya. Pelan tapi pasti saya pun bisa menyusul pelari pelari lain yang sebelumnya ada di depan saya. 

Tak disangka saya pun sudah sampai menuju titik 3 km. jalanan pada rute ini rasanya makin susah karena bentuknya yang menanjak. Perjalanan rasanya jadi makin panjang dan sulit. Pada momen ini saya berusaha sekuat tenaga untuk bisa melalui semuanya. Rasanya seperti sedang melakukan proses perjalanan yang sangat panjang dan melelahkan, tapi layak untuk digapai dan diteruskan, bahkan diselesaikan. 

Rasanya saya sangat bangga dan bisa mengafirmasi diri saya sendiri. Bukan hanya karena saya akhirnya mampu melewati garis finish saja, melainkan juga karena saya tidak menyerah. Saya merasa bangga karena saya berhasil untuk mengatasi rasa panik saya di saat pelari pelari lain mendahului saya. 

Perjalanan selama berlari juga mengingatkan saya pada banyak pelajaran kehidupan yang lain. Bahwa masing masing dari diri kita pasti punya kapasitas dan pencapaiannya masing masing. Begitu pula dengan energi lari yang dimiliki tiap orang. Yang penting adalah percaya diri dan konsistensi tanpa henti. 

Berlari di keramaian juga membuat saya menyadari bahwa saya tidak sendirian di dunia ini. Ada banyak orang orang lain yang juga berjuang dengan kapasitasnya masing masing. Haha rasanya lomba lari kali ini bikin saya makin filosofis dan lebih mengenal diri saya. 

Kemudian ada rasa haru yang tiba tiba menyeruak saat saya mulai melihat balon gate tanda garis finish sudah semakin dekat. Akhirnya saya berhasil melampaui pertandingan ini dan bisa sampai sebelum waktu terkahir dibunyikan. Sepertinya saya mulai ketagihan untuk mengikuti perlombaan lari semacam ini lagi. 

Bagi Anda yang ingin mengikuti lomba lari juga, Anda jangan lupa perlu mempersiapkan racepack seperti jersey, obat merah, koyok, nomor dada, kupon kupon pertandingan. Dan masih banyak yang lainnya. 

Fasilitas Lari Maraton

Fasilitas di dalam pertandingan ini pun juga seru sekali. Setelah kita sampai di garis finish, kita akan mendapati berbagai booth yang melayani fisioterapi, jajanan tradisional, dan aneka booth booth yang lain. Ada banyak juga panggung panggung budaya dan dekorasi warna warni yang menyemarakkan kegiatan ini. 

Salah satu dekorasi yang paling menarik perhatian saya adalah balon gate start finish di awal dan akhir saya melakukan perlombaan lari. Bentuknya sangat unik dan lucu. Rasanya saya menjadi semangat untuk memulai lari, begitu pula saat saya melihat gapura finish saat saya mulai sampai. Semuanya membuat saya makin semangat untuk terus berlari dan berlatih lebih baik lagi. 


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *