6 Tempat Wisata Di Pulau Seribu

Pulau Seribu terletak sekitar 45 kilometer sebelah utara ibu kota, Jakarta. Pulau ini terdiri dari 110 pulau berpenghuni dan tidak berpenghuni yang sejajar satu sama lain seperti rantai. Semuanya dihiasi pasir dan karang yang sangat eksotis.

6 destinasi wisata dari pulau seribu pulau

Jika Anda penikmat keindahan pantai, mari berkunjung ke Pulau Seribu, khususnya enam pulau ini:

Pulau Tidung

Pulau Tidung adalah salah satu yang paling favorit di kalangan wisatawan ketika datang ke Pulau Seribu. Pulau ini terbagi menjadi dua bagian, Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil, keduanya dihubungkan oleh jembatan kayu sepanjang 800 meter yang dikenal dengan Jembatan Cinta.

Pulau Pramuka

Selain keindahan, Pulau Seribu menawarkan wisata edukasi salah satunya di Pulau Pramuka. Pulau ini menawarkan wisata edukasi melalui penangkaran penyu sisik yang sangat langka.

Pulau Bidadari

Pulau Bidadari merupakan salah satu Pulau Seribu dan paling dekat dengan ibu kota Jakarta. Jarak kedua pulau ini hanya sekitar 15 kilometer. Dulu, Pangeran Jayakarta menggunakan pulau ini sebagai tempat berlibur bersama masyarakat kerajaan. Sejak itu, pulau ini disebut Pulau Bidadari

Pulau Pari

Pulau Pari terkenal dengan Pantai Pasir Perawan dan terumbu karangnya yang menakjubkan. Tempat wisata lainnya di pulau ini antara lain water sport, penanaman mangrove, bersepeda keliling pulau, snorkeling dan diving, serta kunjungan ke Balai Penelitian Kelautan milik LIPI.

Pulau Ayer

Pulau ini merupakan tempat peristirahatan Kepala Sukarno dari raja-raja Banten. Pulau Ayer dikenal sebagai tempat wisata yang mengambil karakter rumah adat Papua berupa Honai yang terletak terapung di atas laut.

Pulau Harapan

Pulau Harappan merupakan salah satu kawasan pemukiman Taman Nasional Pulau Seribu (TNKS). Karena berada di kawasan taman nasional, maka wajar saja jika biota laut Pulau Harappa masih terjaga kelestariannya. Ada ratusan terumbu karang yang menghiasi bawah laut Pulau Harapan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *