Manfaat bermain basket untuk kesehatan tubuh Anda yang jarang diketahui

Manfaat bermain basket untuk kesehatan tubuh serta sejarah awal ditemukannya olahraga yang satu ini. Permainan bola basket memiliki banyak sekali manfaat, selain menyenangkan sebagai salah satu olahraga, bermain basket ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Sebelum kita membahas lebih banyak mengenai manfaat bermain basket ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu sejarah permainan ini ditemukan.

Sejarah ditemukannya permainan basket

Seperti yang dikutip dari caraprofesor.com bahwa permainan bola basket telah ditemukan sejak ratusan tahun yang lalu. Olahraga ini diciptakan oleh seorang instruktur olahraga yang bernama James Naismith. Permainan basket sebenarnya ditujukan oleh Naismith hanya sebagai olahraga yang dilakukan di saat musim dingin.

Hal ini dikarenakan awal penciptaannya Naismith menginginkan sebuah olahraga yang bisa dilakukan di dalam ruangan. Akan tetapi Naismith menginginkan olahraga tersebut harus bisa melatih kecepatan kaki, tangan, serta mata. Akhirnya dia menciptakan olahraga yang yang terinspirasi saat dia melemparkan bola kaki ke sebuah keranjang persik. Dari sinilah awal mula permainan bola basket ditemukan.

Basket sebenarnya merupakan sebuah nama yang diucapkan oleh seorang murid dari Naismith saat memainkan olahraga yang satu ini. Karena permainan bola basket semakin terkenal tidak heran pada tahun 1892 tepatnya di tanggal 20 januari permainan ini untuk pertama kalinya dipertandingkan. Sejarah bola basket berlanjut hingga olahraga yang ditemukan James Naismith ini menjadi semakin populer di seluruh dunia dan bahkan masuk ke indonesia.

Manfaat bermain bola basket

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa bermain bola basket itu bukan hanya menyenangkan, tetapi juga merupakan sebuah olahraga yang memberikan banyak manfaat untuk fisik dan mental. Berikan informasi mengenai manfaat bermain bola basket:

Bantu turunkan berat badan

Cara menurunkan berat badan yang paling praktis dan simpel adalah dengan berolahraga. Permainan bola basket adalah jenis olahraga yang patut anda coba karena selain bisa menurunkan berat badan juga sangat menarik.

Permainan basket menuntut anda untuk aktif mulai dari melompat, berlari, sampai melempar. Hal ini tentunya akan sangat baik untuk kesehatan fisik dan mental anda termasuk dalam menurunkan berat badan.

Melancarkan sirkulasi darah

Dengan sirkulasi darah yang lancar maka akan ada banyak oksigen yang bisa dikirimkan ke seluruh bagian tubuh. Hal ini pada gilirannya akan meningkatkan kesehatan anda secara keseluruhan. Permainan bola basket dapat meningkatkan detak jantung dan membuatnya bisa mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

Jadi bermain basket adalah olahraga yang baik bagi siapapun tidak terkecuali anak-anak, dewasa, dan orang tua. Akan tetapi bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit jantung sebaiknya kurangi bermain basket karena dikhawatirkan dapat memberikan efek kejut.

Bisa menguatkan kaki

Bermain basket sangat baik untuk kekuatan kaki karena kita dituntut untuk berlari dan melompat. Dengan aktivitas seperti ini tentu kemampuan kaki kita juga akan dilatih sehingga membuatnya lebih kuat.

Usahakan bermain basket paling tidak dua kali dalam seminggu untuk memperoleh kaki yang kuat. Tidak usah terlalu lama saat bermain basket, maksimal 1 jam sudah sangat baik, jangan lupa sesuaikan dengan fisik anda.

Meningkatkan kepadatan tulang

Bagi anda yang ingin memiliki tulang kuat serta tidak mudah patah harus banyak berolahraga. Dan olahraga yang cukup cocok untuk menguatkan tulang adalah bermain basket. Permainan basket bisa merangsang tulang untuk menjadi lebih kuat karena olahraga ini menuntut kita lebih aktif bergerak.

Sebenarnya bukan hanya basket, permainan lainnya termasuk sepak bola, dan bulutangkis juga membantu anda dalam menguatkan tulang. Jadi intinya mendapatkan aktivitas fisik yang cukup sangat penting sekali untuk kesehatan anda secara keseluruhan.

Menjaga kesehatan jantung

Manfaat bermain basket yang tidak kalah penting adalah bisa menjaga kesehatan jantung anda. Memiliki jantung yang sehat tentu sangat penting sekali karena jantung merupakan bagian yang sangat vital dalam tubuh. Jantung berguna memompa darah dan mengalirkannya ke seluruh tubuh. Sehingga menjaga kesehatannya sangat diperlukan sekali.

Untuk menjaga kesehatan jantung anda harus mengkonsumsi makanan sehat yang jauh dari lemak. Selain itu, olahraga yang cukup seperti bermain basket 30 menit setiap hari sangat baik untuk melatih jantung anda.

Atau minimal usahakan berolahraga selama 1 jam dalam kurun waktu 3 kali dalam seminggu. Jangan terlalu sering dan dengan durasi yang terlalu lama, terutama jika anda tergolong orang yang jarang berolahraga.

Demikian tadi ulasan mengenai sejarah serta manfaat olahraga basket bagi kesehatan. Semoga formasi seputar olahraga basket di atas berguna bagi anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *